Get Adobe Flash player

Isi Dokumen yang terdapat pada website ini disalin sesuai dengan Dokumen Aslinya. ======== Dilarang memperjual-belikan seluruh isi konten dari website ini.

Pencarian File

Cari Berdasarkan Nama File: 
Cari Berdasarkan Deskripsi File: 

Link Terkait

  • Website Mahkamah Agung R.I
  • Website Dirjen Badilum MA-RI
  • Website Pengadilan Tinggi Ambon
  • JDIH Mahkamah Agung R.I
  • Direktori Putusan MA-RI
  • JDIH Nasional
  • Website Badan Pembinaan Hukum Nasional

Alamat Redaksi

Jln. Dr. Malaihollo, No. 1
Air Salobar - Ambon 97117

Maluku, Indonesia

Google Play Store

SOSIALISASI PEMBENTUKAN TIM PENGEOLA DAN PENERBIT PRODUK JDIH SEWILAYAH HUKUM PT AMBON

Memberikan layanan hukum yang terbaik bagi para pencari keadilan adalah motivasi yang selalu ingin diberikan oleh lembaga peradilan bagi semua masyarakat yang berkepentingan di dalamnya. Dalam semangat tersebutlah, maka informasi hukum yang diberikan kepada masyarakat khususnya terkait dengan instrumen-instrumen hukum baik yang merupakan produk legislasi maupun juga intern Mahkamah Agung, adalah hal yang sangat penting peranannya. Sehubungan dengan itu, maka pada tanggal 12 Mei 2014 bertempat di Hotel Oasis Amir Jakarta dilaksanakan Sosialisasi Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) untuk wilayah Indonesia Bagian Timur.

Untuk menindaklanjuti sosialisasi tersebut dan berdasarkan UU No. 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Perundang-Undangan, Peraturan Presiden No. 33 Tahun 2012 tentang Jaringan Dokumentasi Informasi Hukum Nasional, SK KMA No.033A/KMA/SK/II/2012 tentang Pengelola JDIH di lingkungan Mahkamah Agung R.I dan 4 Lingkungan Peradilan, dan Keputusan Kepala Badan Urusan Administrasi No. 25.b/BUA/SK/I/2014 tentang Pembentukan Tim Pengelola dan Penerbit Produk Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) di Lingkungan Mahkamah Agung RI dan 4 (empat) lingkungan peradilan dibawahnya, maka pada tanggal 12 Juni 2014 bertempat di ruang rapat Pengadilan Tinggi Ambon dilaksanakan Sosialisasi Pembentukan Tim Pengelola Produk Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) di wilayah hukum Pengadilan Tinggi Ambon.

Sosialisasi ini melibatkan Panitera Muda Hukum dan operator IT Pengadilan Tinggi dan Pengadilan Negeri sewilayah hukum Pengadilan Tinggi Ambon. Ketua Pengadilan Tinggi Ambon, Bapak DR. H. SOEDARMADJI, S,H., M.Hum dalam arahan pembukaan acara sosialisasi dimaksud mengharapkan agar semua Panitera Muda Hukum dan operator yang mengikuti kegiatan ini dapat terus meningkatkan kualitas kinerjanya sebagai gerbang informasi hukum bagi masyarakat pencari keadilan. Infomasi hukum yang diberikan ini tentunya akan memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang produk-produk hukum yang dihasilkan dalam proses legislasi yang ada, produk hukum dalam lingkup Mahkamah Agung RI, maupun yang merupakan kebijakan intern dalam lingkup satuan kerja masing-masing.

Adapun materi sosialisasi terdiri dari teori yaitu mengenai kebijakan pembinaan dan pengembangan JDIHN berbasis TIK, standarisasi pengelolaan teknis dokumentasi dan informasi hukum yang terintegrasi, peningkatan akses informasi hukum melalui website JDIH, dan jaringan dokumentasi dan informasi hukum pada Mahkamah Agung dalam birokrasi berbasis pelayanan. Untuk melengkapi teori yang diberikan, maka traning aplikasi JDIH yang terdiri dari arsitektur sistem JDIH, instalasi aplikasi JDIH Local dan Website, dan Pengelolaan Aplikasi JDIH adalah materi praktek yang lebih melengkapi para peserta sosialisasi ini. Semua yang dilakukan ini tentunya bertujuan untuk dapat memberikan pelayanan yang semaksimal mungkin kepada masyarakat luas yang pada akhirnya merupakan perwujudan dari visi Mahkamah Agung RI yaitu membentuk badan peradilan yang agung. (*KEL)